Materi Sistem Multimedia Pertemuan Ke-1




REPRESENTASI MULTIMEDIA

Perception (sudut pandang) 

Bagaimana manusia dapat mengenali dan mengartikan (interpretation) informasi yang diterima sistem sensor manusia (panca indra: mata, telinga, hidung, kulit, lidah) Perception media membantu manusia untuk merasakan lingkungannya

Coba tebak…gambar apa ini ?

Perception from Multimedia System 

• “Bagaimana manusia menerima informasi pada lingkungan komputer?” 
– Persepsi informasi masih sebatas melalui penglihatan (mata) atau pendengaran (telinga) 
• The human hearing and visual systems are imperfect. Keterbatasan tersebut yang dimanfaatkan dalam beberapa teknik kompresi 
• Dapatkah komputer menghasilkan bau-bauan, rasa manis/asam/pahit, Virtual Reality? Next Technology? Why Not?!

Aspek pada perception medium 

Representative Space: sesuatu yang terkandung dalam presentasi secara nyata: Kertas, layar, Slide show, Power point 
Representative Values: nilai-nilai yang terkandung dalam presentasi 
• Self contained (interpretasi tiap orang berbeda), misal: sound ilustrasi, gambar ilustrasi 
• Predefined symbol set (sudah disepakati sebelumnya), misal: teks (karakter), ucapan, simbol-simbol 
Representation Dimension 
• Ruang (space) 
• Waktu (time) : 
– time independent, discreet (text, grafis) 
– time dependent, continuous media (video, audio, sinyal dari sensor yang berbeda)

Representation Medium 

• Representation media ditentukan oleh representasi informasi oleh komputer 
• “Bagaimana informasi pada komputer dikodekan?” 
– Menggunakan berbagai format untuk merepresentasikan informasi.

Media Format 

Contoh: 
 Text : ASCII dan EBCDIC * 
 Grafis : CEPT atau CAPTAIN video text 
 Audio stream : PCM (Pulse Coding Method) 
 Image : Facsimile (standard ISO) atau JPEG 
 Audio/video : TV standard (PAL, SECAM, NTSC), computer standard (MPEG) 

* Extended Binary Coded Decimal Interchange Code 

Presentation Medium 

• Tool dan device yang digunakan untuk proses input dan output informasi 
• “Melalui media apa informasi disajikan oleh komputer, atau dimasukkan ke komputer?” 
– Output : kertas, layar, speaker – Input : keyboard, mouse, kamera, microphone, scanner

Storage Medium 

• Pembawa data yang mempunyai kemampuan untuk menyimpan informasi (tidak terbatas pada komponen komputer) • “Dimanakah informasi akan disimpan?” 
– microfilm, floppy disk, hard disk, CD ROM, DVD, MMC, SDCard

Storage system for multimedia

- Optical media
- CD-ROM : compact disk - read only memory
- CD ROM XA : compact disk - read only memory extended architecture
- DVI : digital video interactive
- CD-I compact disc - interactive
- Videodisc : interactive video / laser disc

Transmission Medium 

• Pembawa informasi yang memungkinkan terjadinya transmisi data secara kontinyu (tidak termasuk media penyimpanan) 
• “Melalui apa informasi akan ditransmisikan?” 
– melalui jaringan, menggunakan kabel (coaxial, fiber optics), melalui udara terbuka (wireless)

Information Exchange Medium 

• Pembawa informasi untuk transmisi, contoh: media penyimpanan dan media transmisi 
• “Bagaimana informasi dari tempat yang berbeda saling dipertukarkan?” 
- direct transmission dengan jaringan komputer, combined (storage dan transmission media), web yang berisi informasi, e-book, forum

Text Representation 

• Teks adalah data dalam bentuk karakter. Teks dalam hal ini adalah kode ASCII (American Standard Code for Information Interchange) dan ASCII extension seperti UNICODE murni. 
• Tiap-tiap karakter direpresentasikan oleh 7 bit (0-127) 
• Ada beberapa jenis teks yaitu: 
– Plain Text 
– Formatted Text 
– Hypertext

ASCII 

• Karakter ASCII merupakan standar yang ditetapkan oleh badan standarisasi di Amerika Serikat yang kemudian populer dan digunakan secara luas. 
• ASCII berdasarkan English Alphabet. 
• Dipublikasikan pada tahun 1967 dan diupdate tahun 1986. 
• Terdiri dari 95 karakter yang printable (dapat dicetak seperti bentuk simbolnya) yaitu karakter 32 untuk spasi dan karakter nomer 32 sampai 126, serta karakter yang non-printable/control character, yaitu karakter 0-31.

ASCII Plain Text

Plain Text 

• Plain text adalah jenis teks yang berupa karakter teks saja tanpa ada format apa-apa. Contoh: notepad (.txt) pada windows. 
• Plain Text berjenis MIME text/plain. 
• Teks file tidak terenkrispsi, tidak mengandung embedded information, seperti informasi font, tidak mengandung link, dan inline-image. 
• Terdapat perbedaan antara format plain text di Windows dan UNIX. Di Windows, akhir baris ditandai dengan Carriage Return/CR + Line Feed/LF (\13\10) sedangkan di UNIX ditandai dengan Line Feed/LF (\10) saja.

Formatted Text (Rich Text Format) 

• Merupakaian serangkaian karakter yang memiliki format tertentu, misalnya pada saat kita mengetik dengan Wordpad (.rtf). 
• Pada Wordpad plain teks telah diformat sedemikian rupa dengan menggunakan aturan (tag/tanda) tertentu sehingga teks tersebut dapat di-bold, italics, underline, diberi warna, dipilih jenis font, dan lain-lain.

Formatted Text
• Bitmapped Font 

• Outline Font

TEKS BERFORMAT 
• Teks Cetak: hasil printout atau cetakan 
• Teks Hasil Scan: diperoleh dari scanner 
• Electronic Text: WordArt


Mengenal Jenis Huruf

Jenis Huruf dikategorikan menjadi 5: 

1. Serif 
Merupakan jenis huruf yang tradisional, cirinya mempunyai “kaki” atau “ekor”. Bentuk hurufnya yang berkaki membuat garis tidak kelihatan, ini memudahkan mata pembaca untuk menelusuri dan membaca teks. Huruf ini cocok untuk teks yang panjang dengan jarak spasi yang sedikit. Bentuk huruf ini memberikan kesan formal, intelektual, anggun dan konservatif. Cocok dipakai untuk organisasi, pemerintahan, pendidikan dan perusahaan. 
Contoh : Times New Roman, Garamond, Palatino, dan lain-lain

2. Sans-Serif yang berarti tidak berkaki (bahasa perancis), misal 
Jenis huruf ini terlihat sederhana dan tidak formal, sehingga cocok untuk judul dan subjudul. Jika ingin menggunakan jenis ini untuk teks utama, imbangi dengan memberikan jarak spasi yang agak lebar pada teks. 
Contoh : Arial Black,Verdana, Avant Garde dan lain-lain. 

3. Dekoratif 
Jenis huruf baru dan menciptakan suasana hati yang membangkitkan emosi. Jadi jangan sampai digunakan untuk teks yang panjang atau isi dari halaman. Gunakanlah untuk judul dan grafik. 
Contoh : STENCIL

4. Skrip Jenis ini menyerupai tulisan tangan. 
Jenis ini juga sering disebut kursif. Dan jangan terlalu banyak digunakan. Bentuk huruf ini memberikan kesan keanggunan, sentuhan pribadi dan kepuasan. 
Contoh : Brush Script Kuenstler Script 

5. Monospace 
Jenis huruf yang mempunyai jarak dan lebar yang sama pada setiap huruf, misalnya courier, monospace. 
Contoh : Courier New

Hypertext 

• Jenis teks hypertext awalnya diperkenalkan oleh Bush (1945) dan kemudian oleh Ted Nelson pada tahun 1965 
• Hypertext adalah teks yang memiliki kemampuan linking (koneksi) ke teks yang lain. 
• Contoh format hypertext saat ini adalah seperti HTML (Hypertext Markup Language) dan XML (eXtensible Markup Language)

Image representation 

• Digital image is a 2-d array of pixels 
• Pixel is represented by bits in “color” space 
– RGB (Red-Green-Blue) in CRT 
• additive color 
– CMY(Cyan-Magenta-Yellow) in printing 
• subtractive color 
– YUV for black-white/color TV 
• luminance/chrominance

• Gambar 2 dimensi bisa berasal dari: kamera digital maupun scanning gambar tercetak. 
• Gambar digital merupakan suatu fungsi dengan nilai-nilai berupa intensitas cahaya pada tiap-tiap titik pada bidang yang telah dikuantisasikan 
• Titik dimana suatu gambar di-sampling disebut picture element (pixel).

Nilai intensitas warna pada suatu pixel disebut gray scale level. 
– 1 bit → binary-valued image (0 - 1) 
– 8 bits → gray level (0 - 255) 
– 16 bits → high color (216) 
– 24 bits → 2 24 true color 
– 32 bits → true color (232) 

Format gambar digital memiliki 2 parameter: 
• spatial resolution > pixels X pixels 
• color encoding > bits / pixel 
• Jika suatu gambar disimpan maka yang disimpan adalah array 2D yang merepresentasikan data warna pixel tersebut. Array[x,y] = warna pixel

Image Storage and Display

Sampling Citra Digital


Digital Picture 
• Digitized Picture
gambar yang dicapture dari video camera, VCR, kamera digital.

• Gambar Bitmap (Raster)
dalam pikselpiksel 

Gambar Vektor
yg disimpan adalah instruksi untuk menghasilkan bentuk gambar dasar: garis, kurva, lingkaran

OBJEK: IMAGE 
• Clip Art (cuplikan gambar) 
• Chart (gambar bentuk grafik) 
• Hyperpicture: gambar yang mempunyai kaitan (link) dengan objek lain

Bitmap (BMP) 
• Bitmap adalah istilah untuk image 2 dimensi. 
• Awalnya adalah Microsoft yang membuat standar file bitmap untuk image 2 dimensi dengan ekstensi file (.bmp). 
• Ini merupakan format standar raw data gambar digital. 
• Struktur file BMP terdiri dari 4 bagian, yaitu: File Header, Image Header, Color Table dan Data Pixel. 
• Header file BMP (File Header + Image Header + Color Table) biasanya sebesar 54 byte. 

Format File Image (BItmap) 
 BMP 
 GIF - CompuServe's Graphics Interchange Format 
 MNG - Multiple Network Graphics, the animated version of PNG. 
 JPEG, JFIF (.jpg or .jpeg) - a lossy image format widely used to display photographic images. 
 PICT - Apple Macintosh PICT image 
 PNG - Portable Network Graphic (lossless, recommended for display and edition of graphic images) 
 PSD - Adobe Photoshop Drawing 
 TIFF (.tif or .tiff) Tagged Image File Format (usually lossless, but many variants exist, including lossy ones.), dan lain-lain

Format File Image (Vektor) 
 AWG - Ability Draw 
 AI - Adobe Illustrator Document 
 CGM - Computer Graphics Metafile an ISO Standard 
 CMX - Corel Draw vector image 
 DXF - ASCII Drawing Interchange file format, used in AutoCAD 
 SVG - Scalable Vector Graphics, employs XML 
 Scene description languages (3D vector image formats) 
    MOVIE.BYU 
    RenderMan 
    VRML - Virtual Reality Modeling Language 
    X3D 

Audio Representation 

How to digitize analogy audio (sound wave)?
• SPEECH: Ucapan/suara Manusia 
– Waveform, PCM, CELP, GSM, VOIP 
• AUDIO: Musik, Lagu, Soundtrack, Sound Effect: 
– Waveform, CD Audio, MP3, Midi 

Format File Audio: wav, cda, mp3, mid, aiff, ibk, voc, mod, au, dll

0 komentar:

Copyright © 2013 Sulhansubs