Bimbingan Business Plan-3

Bimbingan Business Plan-3

Bimbingan ke-3 Busines-Plan untuk Festival Entrepreneur Day’s tentang :

Dosen memberikan arahan bagaimana mempersiapan dan membuat serta mengisi FORMAT Busines-Plan, meliputi (cover, overview, marketanalyisis, marketing and sales plan, production plan, execution plan, financial plan, contingency plan)

Format Business Plan

1. Cover 
Buat Cover semenarik mungkin. Cover harus merepresentasikan karakter dari bisnis yang ada dalam business plan. Secara umum, salah satu fungsi Business Plan adalah sebagai proposal untuk bernegosiasi dengan pihak lain seperti Investor.
Cover harus terdiri atas:
i. Logo
ii. Nama Bisnis
iii. Alamat Kontak

 2. Overview
Berisi gambaran singkat tentang bisnis yang ada didalam Business Plan ini. Overview terdiri atas:
a. Business Background, Latar belakang mengapa bisnis ini (akan) didirikan.
b. Vision & Mission Statement, Visi (cita-cita yang ingin dicapai (jangka panjang) dan Misi (langkah-langkah yang ditempuh untuk mencapai visi yang sudah ditetapkan.
c. Product Description, Deskripsi singkat tentang produk (bisnis).
d. Organization Structure, Struktur organisasi harus disebutkan

3. Market Analysis
Gambaran singkat tentang persaingan pasar perlu diperlihatkan dibagian ini. Calon investor perlu mengetahui tentang kondisi persaingan di bisnis yang mungkin diminati sebagai salah satu media investasi.
a. SWOT of Own Business,
b. Competitor(s) Overview, Competitor Overview berisi tentang:
  i. Bisnis lain yang sejenis yang menjadi kompetitor,
  ii. Bisnis lain yang berbeda jenis,
c. Product Positioning,

4. Marketing & Sales Plan
Bagian terpenting dari sebuah bisnis adalah bagaimana kita bisa menjual bisnis yang kita miliki. Untuk bisa menjual, kita harus memastikan orang tahu akan keberadaan bisnis ini.
a. Short, Medium and Long Term & Marketing Plan
b. Component to Support Marketing Plan
i. Promotion
Berikan gambaran tentang aktivitas promosi apa saja yang akan dilakukan untuk memastikan calon konsumen potensial mengetahui keberadaan kita.
ii.
Advertisement Bagian ini memberikan gambaran tentang jenis iklan yang akan diambil sebagai bagian dari upaya promosi bisnis.
c. Short, Medium and Long Term Sales Plan
Berbeda dengan Marketing Plan, Sales Plan lebih mengedepankan jumlah target penjualan yang Anda tetapkan untuk memastikan bisnis ini bisa berjalan.
d. Tools for Marketing and Sales
Anda perlu menetapkan alat apa saja yang diperlukan untuk melancarkan semua rencana marketing dan sales di atas. Dari penetapan alat ini Anda bisa menentukan kebutuhan budget untuk marketing dan sales tools.

5. Production Plan
Produksi adalah salah satu aktivitas utama dari bisnis ini.
a. Raw materials
Dari mana Anda mendapatkan bahan baku? Siapa saja suppliernya? Bagaimana cara mendapatkan bahan baku tersebut? Bagaimana cara pembayarannya (tunai atau tempo)? Apakah ada substitusi untuk bahan baku tersebut.
b. Production Cost
Perhitungan yang dilakukan harus mempertimbangkan berbagai biaya yang mungkin terlibat seperti bahan baku, pembuatan barang jadi, biaya tenaga kerja, listrik, packaging dan delivery.
c. Production Process
Bagian ini menjelaskan secara singkat tentang proses produksi yang ada.

6. Execution Plan
a. How the Business Would be Executed?
Pada bagian ini Anda akan memberikan gambaran seperti apa bisnis ini akan dijalankan.
Jika Offline:
i. Dimana bisnis ini akan dijalankan? Mengapa memilih tempat itu?
ii. Bagaimana potensi pelanggan di tempat tersebut?
iii. Bagaimana kondisi pesaing di tempat itu?
iv.Berapa harga yang harus dibayar untuk menggunaka tempat tersebut?
Jika Online:
i. Website seperti apa yang telah disiapkan/akan disiapkan?
ii. Bagaimana memastikan traffict pada website itu?
iii. Bagaimana kondisi persaingan di market sejenis
b. What Should be Prepared to Execute the Business?
i. Persiapan tempat
ii. Persiapan perijinan
iii. Persiapan peralatan
iv. Persiapan SDM
c. When would it be Executed?
Hal yang harus dicantumkan di Timeline:
i. Persiapan Business Plan : Penyusunan Business Plan, Negosiasi Dengan Investor
ii. Persiapan Pelaksanaan : Proses Persiapan Ijin, Proses Persiapan lokasi, Proses Perekrutan SDM, Proses Persiapan Peralatan
iii. Eksekusi : Kapan akan dilaksanakan

7. Financial Plan
a. Business Preparation Budgets
Item-item yang harus ditampilkan:
Fixed Cost meliputi:
Sewa Tempat (jangka waktu ditentukan sendiri), Pembelian Peralatan, Renovasi Tempat Usaha, Perijinan
Overhead Cost meliputi:
Belanja Bahan baku dan stok, Upah Karyawan, Cost Production, marketing cost.
b. Business Execution Budgets
Biaya untuk proses pembukaan bisnis, seperti launching (jika ada)
c. Break Event Point Pada bagian ini Anda akan memberi gambaran pada calon investor kapan bisnis ini akan mencapai titik Impas (BEP).
d. Profit/Revenue Sharing Bagian ini akan memberikan informasi kepada calon investor tentang mekanisme investasi yang akan mereka lakukan ini.

8. Contingency Plan
Anda memiliki rencana cadangan untuk keluar dari kondisi yang mendesak dan tetap survive.

9. Closure - Penutup.

0 komentar:

Copyright © 2013 Sulhansubs