Materi Grafika Komputer Pertemuan Ke-1
PENGENALAN
GRAFIKA KOMPUTER
Definisi Grafika
Komputer Menurut Suyoto (2003), grafika komputer (Computer Graphic) dapat diartikan sebagai seperangkat alat yang terdiri dari hardware dan software untuk membuat gambar, grafik atau citra realistik untuk seni, game komputer, foto dan film animasi. Sistem grafika komputer dapat dijalankan dengan komputer pribadi (Personal Computer) atau workstation
Pengertian grafik berbeda dengan image/citra, image merupakan gambar yang diperoleh dengan alat pengambil gambar, sperti kamera, scanner, dll. Sedangkan grafik adalah gambar yang dibuat dengan cara tertentu, yaitu cara yang ada di grafik komputer. Grafik dan image termasuk picture/gambar.
Sejarah Grafika Komputer
Perkembangan grafika komputer secara sederhana dapat dibagi menjadi empat fase,yaitu :
1. Fase Pertama (1950) era grafika komputer interaktif
Tidak begitu cepat karena teknologi, jumlah dan harga komputer tidak mendukung.
MIT berhasil mengembangkan komputer whirlwind dengan tabung sinar katode (Cathode Ray Tube-CRT).
Sudah menggunakan pena cahaya (light pen) yaitu sebuah alat input bentuknya seperti pensil yang digunakan untuk memilih posisi, menunjuk sesuatu dan menggambar pada layar
Telah ada alat pemrograman otomatis (Automatic Programming Tool)
2. Fase Kedua (1960) Jaman Penelitian/Riset Grafika Komputer Interaktif
• Grafika interaktif modern telah ditemukan oleh Ivan Sutherland
• Mengembangkan teknik interaktif dengan sarana keyboard dan pena cahaya.
• Sejumlah projek penelitian dan produk Computer Aided
• Design/Manufacturing (CAD/CAM) telah muncul
3. Fase Ketiga (1970)
Grafika komputer interaktif telah digunakan oleh sektor industri, pemerintah dan ilmuawan untuk memperbaiki kualitas desain produk secara cepat dan mudah.
4. Fase Keempat (1980-1990)
Penelitian pada dekade ini bertumpu pada penggabungan dan pengotomasasian berbagai unsur desain dan pemodelan pejal (solid modelling).
Teknologi hibrid mulai diperkenalkan. Teknologi ini berguna untuk penggabungan objek pejal dengan permukaan.
Grafika Komputer
Merupakan cabang ilmu komputer yang membahas algorithma untuk menampilkan simulasi (benda).
Grafika komputer tidak sama dengan pemrosesan citra (image processing)
Mata kuliah grafika komputer tidak membahas software komersial seperti adobe photoshop, corel draw dan sebagainya.
Mata kuliah grafika komputer juga tidak membahas tentang grafik bisnis, seperti diagram pie, diagram garis dan sebagainya.
Bidang Grafika Komputer
Mencakup area/ bidang :
Film (spesial effects)
Industri :
CAD (computer aided design)
Automated machining
Visualisasi :
data ilmiah
hasil medik (scanning,X-Ray, MRI)
Permainan Komputer
Distribusi Online
Film (Special effect)
Film (Animasi)
Industri / CAD
Visualisasi data ilmiah
Medical
Permainan (Game)
Tema Grafika Komputer
Tiga tema utama dalam grafika komputer :
Modeling
Bagaimana kita merepresentasikan (= memodelkan) objek 3 Dimensi ?
Bagaimana kita dapat membuat model dari objek-objek tertentu ?
Animation
Bagaimana kita merepresentasikan gerakan sebuah objek
Bagaimana kita dapat memberikan kendali kepada pembuat animasi (animator) dalam pembuatan animasi
Rendering
Bagaimana kita mensimulasikan formasi gambar
Bagaimana kita dapat mensimulasikan cahaya seperti pada dunia nyata?
Modelling
Representasi objek / lingkungan
shape — geometri dari sebuah objek
appearance — emission, reflection, and transmission of light
Bagaimana kita dapat membuat model-model tersebut ?
deskripsimanual (misal : menuliskan rumus)
manipulasi secara interaktif
menggunakan prosedur / program
melakukan pemindaian (scanning) dari objek riil
Modelling
Animasi
Bagaimana caranya kita menampilkan gerakan objek
posisi, sudut dan sebagainya sebagai fungsi dari waktu
Bagaimana caranya kita mengendailkan gerakan
membuat gerakan menggunakan tangan, mengisi keyframe
simulasi perilaku (membat program yang berfungsi sebagai "otak" dari sebuah objek)
simulasi fisika
menangkap gerakan
Animasi
Rendering
Rendering merupakan sebuah proses untuk menghasilkan sebuah citra 2D dari data 3D. Proses ini bertujuan untuk memberikan nuansa realistis (nyata) kepada model-model geometris sehingga memiliki sifat/ keadaan yang menyerupai sebenarnya.
Gambar yang dibuat melalui proses rendering digital adalah gambar digital atau raster image. Gambar digital tersebut dibuat melalui proses rendering digital sebagai langkah besar terakhir sebelum disusun menjadi animasi
Bagaimana caranya kita meniru dunia nyata ?
cahaya yang datang difokuskan oleh lensa
energi cahaya mempengaruhi film
representasi gambar sebagai titik-titik / pixels (x,y)
membutuhkan representasi dari kamera
Bagaimana caranya kita meniru perilaku cahaya?
cahaya dianggap sebagai photon (partikel cahaya)
menangkap gerak lurus dari photon
membuat model interaksi antara cahaya dengan permukaan benda
Tahapan Rendering
Secara umum, proses untuk menghasilkan rendering dua dimensi dari objek-objek 3D melibatkan 5 komponen utama, yaitu:
Geometri
Geometri identik dengan grafik dua dimensi. Definisinya adalah besaran rotasi suatu garis dari satu titik pangkal ke posisi yang lain. Geometri merupakan gambaran untuk dasar pembuatan bidang.
Kamera
Dalam grafis 3D, sudut pandang yang dilihat berasal dari kamera sebagai penentu untuk sudut pandang pada sebuah world (virtual camera). Pada kamera ada istilah Field Of View, yang merupakan grafika 3D berbentuk piramida pada layar monitor yang berbentuk persegi. Field of view ini sangat penting dalam proses rendering.
Cahaya
Sumber cahaya pada grafika 3D merupakan sebuah objek yang penting, karena dengan cahaya ini sebuah world dapat terlihat dan dapat dilakukan proses rendering. Sumber cahaya ini juga membuat sebuah world menjadi lebih realistis dengan adanya bayangan dari objek-objek 3D yang ada. Pada grafika 3D terdapat beberapa sumber cahaya:
Point light
Memancar ke segala arah
Spot light
Memancarkan cahaya ke daerah tertentu dalam bentuk kerucut.
Ambient light
Cahaya latar/alam. Cahaya latar tersebut dimodelkan mengikuti apa yang terjadi di alam, dalam keadaan tanpa sumber cahaya sekalipun, benda masih dapat dilihat.
Directional light
Memancarkan cahaya dengan intensitas sama ke suatu arah tertentu
0 komentar: