Materi Grafika Komputer Pertemuan Ke-13


TRANSFORMASI 3 DIMENSI



2 Dimensi dan 3 DIMENSI 

 Apa yang membedakan 2 dimensi dengan 3 dimensi ? 
   2 Dimensi : Tinggi dan Lebar 
   3 Dimensi : Tinggi, Lebar dan Kedalaman 
 Kedalaman adalah jarak antara pemirsa (viewer) terhadap benda yang dia lihat

3 Dimensi 

 Bagaimana manusia memperoleh kesan kedalaman ? 
    Manusia mempunyai dua mata. 
    Kedua mata manusia mempunyai selisih sudut pandang 120o 
    Perbedaan sudut pandang tersebut membuat masingmasing mata memperoleh gambar yang berbeda untuk objek yang sama. 
    Perbedaan gambar diproses oleh otak sehingga kita memperoleh kesan 'kedalaman' atau jarak terhadap benda. 

 Percobaan : Tutup salah satu mata anda selama kurang lebih 2 hari dan anda akan mengetahui bahwa anda tidak dapat menentukan dengan mudah jarak antara anda dengan benda yang anda lihat


Sifat-sifat 3 dimensi 
 Setiap titik dalam 3 dimensi ditentukan oleh tiga posisi : 
    x : jarak titik tersebut terhadap sumbu x 
    y : jarak titik tersebut terhadap sumbu y 
    z : jarak titik tersebut terhadap sumbu z 
 Posisi sebuah titik dalam 3 dimensi dituliskan dalam bentuk (x,y,z)

 Bagaimana menggambarkan sumbu 3 dimensi ?

Benda 3 Dimensi dan komputer 
 Komputer dapat digunakan untuk mengolah benda tiga dimensi. 
 Ada tiga persoalan dalam mengolah benda tiga dimensi menggunakan komputer : 
   Pembuatan lokasi titik 3D 
   Manipulasi titik 3D 
   Transformasi titik 3D menjadi 2D

Pembuatan lokasi titik 3D 
 Proses yang digunakan untuk menghasilkan lokasi titik-titik 3D yang menunjukkan bentuk dari benda 3D 
 Ada 3 macam proses untuk menghasilkan lokasi titik 3D : 
    Penentuan langsung menggunakan peralatan seperti mouse3D, scanner3D berbagai peralatan lain 
    Menggunakan parametric surface 
    Menggunakan prosedur khusus seperti extrude dan surface of revolution.


Scanner 3D 

 Scanner 3D merupakan peralatan yang digunakan untuk menghasilkan lokasi titik-titik 3D secara langsung dengan menunjuk lokasi titik tersebut. 
 Contoh peralatan : mouse, trackball, laser scanner dan sebagainya.


Parametric Surface 
 Digunakan untuk menghasilkan benda-benda yang dapat direpresentasikan dalam rumus matematika seperti : bola, donut, tabung, cone dan sebagainya

Extrude 
 Merupakan prosedur menghasilkan lokasi titik 3D dengan menarik titik-titik 2 dimensi ke satu arah tertentu.


Surface of Revolution 
 Prosedur untuk menghasilkan lokasi titik 3D dengan cara memutar profile pada sumbu putar
Reprsentasi Struktur data titik 3D 
 Titik 3D dapat disimpan sebagai : 
   Mesh 
   Rumus matematika 
   Titik profile

Mesh 
 Mesh merupakan kumpulan titik 3D yang saling dihubungkan. 
 Model yang dihasilkan disebut sebagai wireframe model 
 Permukaan benda (surface) diperoleh dengan menghubungkan titik-titik vertex baik dalam bentuk segiempat atau segitia. 
 Umumnya digunakan surface dalam bentuk segitiga karena bentuk segitiga akan selalu berada dalam keadaan planar (datar).

 Mesh dengan surface segi-empat disimpan sebagai record : 
Point3D = record 
x,y,z:real; 
end; 
  Mesh = record jumvertex,jumedge:integer; 
  vertex : array [1..1000] of Point3D; 
  edge : array[1..1000,1..2] of integer; 
end;



Proses Komputer 3D


0 komentar:

Copyright © 2013 Sulhansubs