Materi Grafika Komputer Pertemuan Ke-13
TRANSFORMASI 3 DIMENSI
2 Dimensi dan 3 DIMENSI
Apa yang membedakan 2 dimensi dengan 3
dimensi ?
2 Dimensi : Tinggi dan Lebar
3 Dimensi : Tinggi, Lebar dan Kedalaman
Kedalaman adalah jarak antara pemirsa
(viewer) terhadap benda yang dia lihat
3 Dimensi
Bagaimana manusia memperoleh kesan kedalaman ?
Manusia mempunyai dua mata.
Kedua mata manusia mempunyai selisih sudut pandang
120o
Perbedaan sudut pandang tersebut membuat masingmasing
mata memperoleh gambar yang berbeda untuk
objek yang sama.
Perbedaan gambar diproses oleh otak sehingga kita
memperoleh kesan 'kedalaman' atau jarak terhadap benda.
Percobaan : Tutup salah satu mata anda selama kurang lebih
2 hari dan anda akan mengetahui bahwa anda tidak dapat
menentukan dengan mudah jarak antara anda dengan benda
yang anda lihat
Setiap titik dalam 3 dimensi ditentukan oleh tiga posisi :
x : jarak titik tersebut terhadap sumbu x
y : jarak titik tersebut terhadap sumbu y
z : jarak titik tersebut terhadap sumbu z
Posisi sebuah titik dalam 3 dimensi dituliskan dalam bentuk (x,y,z)
Bagaimana menggambarkan sumbu 3 dimensi ?
Komputer dapat digunakan untuk mengolah benda tiga dimensi.
Ada tiga persoalan dalam mengolah benda tiga dimensi menggunakan komputer :
Pembuatan lokasi titik 3D
Manipulasi titik 3D
Transformasi titik 3D menjadi 2D
Pembuatan lokasi titik 3D
Proses yang digunakan untuk menghasilkan lokasi titik-titik 3D yang menunjukkan bentuk dari benda 3D
Ada 3 macam proses untuk menghasilkan lokasi titik 3D :
Penentuan langsung menggunakan peralatan seperti mouse3D, scanner3D berbagai peralatan lain
Menggunakan parametric surface
Menggunakan prosedur khusus seperti extrude dan surface of revolution.
Scanner 3D
Scanner 3D merupakan peralatan yang digunakan untuk menghasilkan lokasi titik-titik 3D secara langsung dengan menunjuk lokasi titik tersebut.
Contoh peralatan : mouse, trackball, laser scanner dan sebagainya.
Parametric Surface
Digunakan untuk menghasilkan benda-benda yang dapat direpresentasikan dalam rumus matematika seperti : bola, donut, tabung, cone dan sebagainya
Merupakan prosedur menghasilkan lokasi titik 3D dengan menarik titik-titik 2 dimensi ke satu arah tertentu.
Surface of Revolution
Prosedur untuk menghasilkan lokasi titik 3D
dengan cara memutar profile pada sumbu
putar
Reprsentasi Struktur data titik 3D
Titik 3D dapat disimpan sebagai :
Mesh
Rumus matematika
Titik profile
Mesh
Mesh merupakan kumpulan titik 3D yang saling
dihubungkan.
Model yang dihasilkan disebut sebagai wireframe
model
Permukaan benda (surface) diperoleh dengan
menghubungkan titik-titik vertex baik dalam bentuk
segiempat atau segitia.
Umumnya digunakan surface dalam bentuk segitiga
karena bentuk segitiga akan selalu berada dalam
keadaan planar (datar).
Mesh dengan surface segi-empat disimpan
sebagai record :
Point3D = record
x,y,z:real;
end;
Mesh = record
jumvertex,jumedge:integer;
vertex : array [1..1000] of Point3D;
edge : array[1..1000,1..2] of integer;
end;
Proses Komputer 3D
0 komentar: