MATERI PEMROGRAMAN BERBASIS OBJEK PERTEMUAN KE-6



PERINTAH MASUKAN

a).Scanner

Class Scanner digunakan secara ekstensif untuk memasukan data dari keyboard. Tidak seperti perintah masukan lainnya, data-data yang dimasukan misalnya berupa angka, tidak perlu dilakukan konversi dari string ke integer atau tipe data lainnya. Untuk menggunakan Class Scanner, harus menyertakan package java.util.

contoh penggunaan Scanner

Berikut penggunaan Scanner dan pembuatan Class yang digunakan di dalam main Class, untuk masukan data dari keyboard. 1.buatlah sebuah Class dengan nama ClassScanner.java


Kode program ClassSCanner yang telah di buat diatas adalah sebuah class yang kan digunakan didalam main Class sesuai dengan konsep dari pemrograman berorientasi Objek kemudian buatlah sebuah main class dengan nama AksiScanner

Sedangkan pada kode program AksiProgram.Java merupakan sebuah main class yang dalam penulisan kode programnya hanya perlu memanggil method yang telah dibuat di dalam ClassScanner Berikut output dari kode program AksiScanner.java



b.)BufferedReader

InputStreamReader digunakan membaca arus byte stream dan mengkonversi byte-byte ke dalam nilai-nilai bilangan bulat yang merepresentasikan karakterkarakter Unicode. Kelas BufferedReader membaca masukan Stream karakter dan penyangga tersebut untuk efisiensi. b.)BufferedReader Pada penggunaannya harus mempunyai Reader Object untuk membuat versi buffered. Berikut konstrutor yang digunakan untuk membuat BufferedReader. Berikut kode Program penggunaan InputStreamReader dan Buffered, untuk masukan data dari keyboard.

0 komentar:

Copyright © 2013 Sulhansubs