MATERI PEMROGRAMAN BERBASIS OBJEK PERTEMUAN KE-6
PERINTAH MASUKAN
Class Scanner digunakan secara ekstensif untuk memasukan data dari keyboard. Tidak seperti perintah masukan lainnya, data-data yang dimasukan misalnya berupa angka, tidak perlu dilakukan konversi dari string ke integer atau tipe data lainnya. Untuk menggunakan Class Scanner, harus menyertakan package java.util.
contoh penggunaan Scanner
Berikut penggunaan Scanner dan
pembuatan Class yang digunakan
di dalam main Class, untuk
masukan data dari keyboard.
1.buatlah sebuah Class dengan
nama ClassScanner.java
Kode program ClassSCanner yang telah di buat diatas adalah sebuah class yang kan digunakan didalam main Class sesuai dengan konsep dari pemrograman berorientasi Objek kemudian buatlah sebuah main class dengan nama AksiScanner
Sedangkan pada kode program AksiProgram.Java
merupakan sebuah main class yang dalam penulisan kode
programnya hanya perlu memanggil method yang telah
dibuat di dalam ClassScanner
Berikut output dari kode program AksiScanner.java
b.)BufferedReader
InputStreamReader
digunakan membaca arus
byte stream dan
mengkonversi byte-byte ke
dalam nilai-nilai bilangan
bulat yang
merepresentasikan karakterkarakter Unicode.
Kelas BufferedReader
membaca masukan Stream
karakter dan penyangga
tersebut untuk efisiensi.
b.)BufferedReader
Pada penggunaannya harus mempunyai Reader Object untuk membuat versi
buffered. Berikut konstrutor yang digunakan untuk membuat BufferedReader.
Berikut kode Program penggunaan InputStreamReader dan Buffered, untuk
masukan data dari keyboard.
0 komentar: