MATERI PEMROGRAMAN BERBASIS OBJEK PERTEMUAN KE-7


PENYELEKSIAN KONDISI PEMROGRAMAN JAVA



A.Pernyataan If
Pernyataan if mempunyai pengertian, “ Jika kondisi bernilai benar, maka perintah akan dikerjakan dan jika tidak memenuhi syarat maka akan diabaikan”. Dari pengertian tersebut dapat dilihat dari diagram alir berikut:
Penulisan kondisi harus didalam tanda kurung dan berupa ekspresi relasi dan penulisan pernyataan dapat berupa sebuah pernyataan tunggal, pernyataan majemuk atau pernyataan kosong. Jika pemakaian if diikuti dengan pernyataan majemuk, bentuk penulisannya sebagai berikut :

if (kondisi) 
pernyataan;

Jika lebih dari satu pernyataan hasu diapit dengan tanda kurung kurawal

if (kondisi)
{
pernyataan;
..........
}


Sekarang kita pahami lagi konsep OOP dengan memisahkan kode program menjadi beberapa class dengan method yang ada pada class yang di buat. Buatlah sebuah class dengan nama IfClass.java dengan kode program seperti di bawah ini

Kemudian buatlah sebuah class sebagi class utama dengan nama IfClassAksi.java dengan kode program di bawah ini



B. Pernyataan IF-ELSE

Pernyataan if-else mempunyai pengertian, “ Jika kondisi bernilai benar, maka perintah-1 akan dikerjakan dan jika tidak memenuhi syarat maka akan mengerjakan perintah2”. Dari pengertian tersebut dapat dilihat dari diagram alir berikut :
if (kondisi) 
pernyataan-1; 
else 
pernyataan-1;

Perintah-1 dan perintah-2 dapat berupa sebuah pernyataan tunggal, pernyataan majemuk atau pernyataan kosong. Jika pemakaian if-else diikuti dengan pernyataan majemuk, bentuk penulisannya sebagai berikut:


if (kondisi) 
perintah-1;
 ... 
else 
perintah-2; 
}

Jika lebih dari satu pernyataan harus diapit dengan tanda kurung kurawal. 

Contoh Kode Program IF-Else

Sekarang mari kita rubah kode program terstruktur diatas dengan konsep class dan main class.Buatlah sebuah class dengan nama IfElseClass.java dengan kode program sebagai berikut

Setelah IfElseClass di buat maka kita akan membuat main class dengan nama IfElseAksi.java dengan kode program sebagai berikut.



0 komentar:

Copyright © 2013 Sulhansubs