Materi Interaksi Manusia dan Komputer Pertemuan Ke-2
FAKTOR MANUSIA
• Super computer
• Mainframe computer
• Mini computer
• Micro computer, Personal Computer
Desktop casing
Minitower, mid-tower, tower casing
• Workstation : station (komputer tempat) bekerja.
• Notebook computer
• Personal Digital Assistant(PDA) / palmtop computer
Cellular Phone
Tablet PC
• Cluster computer : beberapa komputer (biasanya PC) bekerja bersama sebagai satu virtual computer.
Sistem Komputer terdiri atas 3 (tiga) aspek :
1. Aspek Perangkat Keras (Hardware).
Serangkaian unsur-unsur yang terdiri dari beberapa perangkat keras komputer yang digunakan untuk membantu proses kerja manusia (Brainware ).
Contoh : CPU, Monitor, Keyboard, Harddisk, Disk drive,dll.
2. Aspek Perangkat Lunak (Software).
Serangkaian unsur-unsur yang terdiri dari beberapa perangkat lunak program komputer yang digunakan untuk membantu proses kerja manusia ( Brainware ).
Contoh : Sistem Software, Application Software, Package Software.
3. Aspek Manusia (Brainware).
Tenaga pelaksana yang menjalankan serta mengawasi pengoperasian sistem unit komputer didalam proses pengolahan data untuk menghasilkan suatu informasi yang tepat waktu, tepat guna dan akurat.
Contoh: Sistem Analis, Programmer, operator, Technical Support.
Hadware(Perangkat keras)
Input Device • Peralatan untuk memasukkan data ke dalam representasi yang bisa diterima dan dikomputasi oleh komputer
• Macam Representasi Data
– Character
– Integer
– Real
– Boolean
– Image (Bit Map)
– Video(kumpulan frame)
Input Devices-Scanners
• Scanner adalah peralatan input data yang menangkap satu halaman (teks/gambar) dan kemudian menterjemahkan ke dalam data digital berbentuk BitMap
Input Device:Touch Screens
A touch screen adalah layar monitor yang bisa merespon sentuhan tangan manusia pada permukaan layarnya, Sebagai alternatif untuk memilih menu atau Icon selain dengan mouse. Caranya jari kita menggantikan pointer mouse
Prosesing
Suatu tindakan yang di dilakukan untuk manipulasi data dan eksekusi Terdiri dari 5 komponen :
Memory
ALU (aritmatik dan Logic unit)
Register
Bus
Control Unit
Memory
Memori menyimpan berbagai bentuk informasi sebagai angka biner. Informasi yang belum berbentuk biner akan dipecahkan (encoded) dengan sejumlah instruksi yang mengubahnya menjadi sebuah angka atau urutan angka-angka.
Contoh: Huruf F disimpan sebagai angka desimal 70 (atau angka biner ) menggunakan salah satu metode pemecahan.
Output Device
Output device bisa diartikan sebagai peralatan yang berfungsi untuk mengeluarkan hasil pemrosesan ataupun pengolahan data yang berasal dari CPU kedalam suatu media yang dapat dibaca oleh manusia ataupun dapat digunakan untuk penyimpanan data hasil proses
Monitor – Output device
Monitor merupakan salah satu jenis output device yang sangat populer dalam sistem komputer. Secara phisik, monitor mempunyai bentuk seperti halnya layar televisi dan fungsinya untuk menampilkan data dan informasi yang berguna bagi para pemakai komputer.
Printer – Output device
Printer merupakan media output dari komputer yang bisa menghasilkan tulisan, gambar ataupun grafik didalam media kertas. Banyak sekali jenis printer yang bisa dijumpai, baik ditinjau dari segi ukuran, kecepatan, harga, kualitas ataupun teknik peng-operasiannya.
Storage device
Media Storage atau media penyimpanan adalah perangkat keras untuk melakukan operasi penulisan, pembacaan dan penyimpanan data.
Media penyimpanan utama sebuah komputer adalah Harddisk. Disinilah data dan program aplikasi (software) disimpan. Disamping Harddisk media penyimpanan yang lainnya adalah disket dan CD.
Faktor manusia (brainware) dalam merancang Antarmuka adalah :
1. Penglihatan
Dalam dunia nyata, mata selalu digunakan untuk melihat semua bentuk tiga dimensi. Dalam sistem komputer, yang menggunakan layar dua dimensi, mata kiri dipaksa untuk dapat mengerti bahwa obyek pada layar tampilan, yang sesungguhnya berupa obyek dua dimensi, harus dipahami sebagai obyek tiga dimensi dengan teknik-teknik tertentu
a. Luminas
banyaknya cahaya yang dipantulkan oleh permukaan obyek. Semakin besar luminans dari sebuah obyek,rincian obyek yang dapat dilihat oleh mata juga akan semakin bertambah.
b. Kontras
hubungan antara cahaya yang dikeluarkan oleh suatu obyek dan cahaya dari latar belakang obyek tersebut.
c. Kecerahan
tanggapan subyektif pada cahaya.
d. Sudut dan Ketajaman Penglihatan
Sudut penglihatan (visual angle) didefinisikan sebagai sudut yang berhadapan oleh objek pada mata. Ketajaman penglihatan (visual acuity) adalah sudut penglihatan minimum ketika mata masih dapat melihat sebuah objek dengan jelas
e. Medan Penglihatan
sudut yang dibentuk ketika mata bergerak ke kiri terjauh dan ke kanan terjauh
f. Warna
Cahaya tampak merupakan sebagian kecil dari spektrum elektromagnetik
2. Pendengaran
Kebanyakan manusia mendeteksi suara dalam frekuensi 20 Hertz – 20 Khertz Manusia juga mendengar suara antara 50 dB (decible) – 70 dB.
Telinga manusia akan rusak mendengar lebih dari 140 dB. Manusia tidak mendengar frekuensi kurang dari 20 dB
3. Sentuhan
Sentuhan merupakan sarana manusia untuk berinteraksi.
contoh dalam penggunaan papan ketik (keyboard) atau tombol, maka manusia akan lebih nyaman apabila tombol atau keyboard tidak berat proses penekanannya
4. Pemodelan Sistem Pengolahan
Model sistem pengolahan manusia terdiri dari pengolahan perseptual, pengolahan intelektual dan pengendalian motorik yang beinteraksi dengan memori manusia.
Model sistem komputer terdiri dari pengolah (processor) dan memori. Interaksi keduanya melalui bus
5. Pengendalian Motorik
Pengendalian motorik pada manusia dapat dilatih untuk mencapai taraf tertentu seperti mengetik 10 jari untuk kecepatan 1000 huruf permenit
0 komentar: