MATERI ENTREPRENEUR PERTEMUAN KE-7
MANAJEMEN PENGELOLAAN SDM
Pengertian Manajemen dan Organisasi;
•Setiap perusahaan memiliki tujuan, untuk mencapai tujuan perusahaan adalah Manajemen.
•Manajemen dan Organisasi tdk dpt dipisahkan satu sama lain, manajemen bagian organisasi dan sebaliknya.
Manajemen dan organisasi
•Manajemen merupakan alat untuk mencapai tujuan.
•Organisasi merupakan tempat untuk mencapai tujuan.
•Manajemen dpt diartikan sebagai proses dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengendalian untuk mencapai tujuan tertentu.
•Manajemen adalah proses pengelolaan suatu kegiatan atau usaha dari awal hingga perusahaan berjalan dan bangkrut.
•Organisasi merupakan alat untuk mencapai suatu tujuan dgn melalui suatu proses
Pengelolaan SDM
•Penerimaan SDM
•Penyaringan awal
•Tes Pekerjaan
•Seleksi wawancara
Penyaringan awal, tes pekerjaan, wawancara seleksi
a. Penyaringan Awal
Meliputi, wawancara permulaan dan pemeriksaan formulir atau surat lamaran pekerjaan merupakan penyaringan awal dalam seleksi untuk pelamar.
b. Tes Pekerjaan
Tes ini dimaksudkan untuk mengukur tingkat kecerdasan dan pengetahuan umum, bakat yang sesuai dengan pekerjaan, tingkat kecakapan, minat kerja, sikap dan kepribadian.
c. Wawancara Seleksi
Wawancara seleksi merupakan alat yang banyak digunakan dalam penyaringan pelamar. Pokok pembicaraan dalam wawancara ini meliputi pengalaman kerja, keterampilan dan kemampuan, pendidikan serta minat.
Metode Pelatihan
1. On-the-job-Training
Metode on the job adalah pelatihan yang menggunakan situasi dalam pekerjaan:
a.Job Instruction Training (Latihan Instruktur Pekerjaan) yaitu dengan memberikan petunjuk-petunjuk pekerjaan secara langsung pada pekerjaan dan terutama digunakan untuk melatih para karyawan tentang cara-cara pelaksanaan pekerjaan sekarang.
b.Job Rotation (Rotasi Pekerjaan) yaitu karyawan diberikan kesempatan untuk mendapatkan pengetahuan pada bagian-bagian organisasi yang berbeda dan juga praktek berbagai macam ketrampilan dengan cara berpindah dari satu pekerjaan atau bagian ke pekerjaan atau bagian lain
Metode Pelatihan
2.Off-The-Job-Training
adalah pelatihan yang menggunakan situasi di luar pekerjaan:
a. Lecture
Merupakan metode pelatihan dengan memberikan kuliah atau ceramah dalam rangka penyampaian informasi-informasi yang dibutuhkan petatar.
b. Video Presentation
adalah presentasi yang dilakukan melalui media televisi, film, slides dan sejenisnya serupa dengan bentuk lecture.
c.Vestibule Training
Merupakan pelatihan yang dilakukan dalam suatu ruangan khusus yang terpisah dari tempat kerja biasa dan disediakan jenis pelaralatan yang sama seperti yang akan digunakan pada pekerjaan sebenarnya.
d. Role Playing
Merupakan suatu permainan peran yang dilakukan oleh peserta untuk memainkan berbagai peran orang tertentu dan diminta untuk menanggapi para peserta lain yang berbeda perannya.
e. Case Study
Merupakan metode pelatihan dimana para peserta pelatihan dihadapakan pada beberapa kasus tertulis dan diharuskan memecahkan masalah-masalah tersebut.
f. Apprenticeships
Merupakan proses belajar dari seseorang atau beberapa orang yang lebih berpengalaman.
g. Coaching
Adalah suatu cara pelaksanaan pelatihan dimana atasan mengajarkan keahlian dan ketrampilan kerja kepada bawahannya.
h. Simulation
Simulasi merupakan suatu situasi atau kejadian yang ditampilkan semirip mungkin dengan situasi yang sebenarnya, tetapi hanya merupakan tiruan saja dan para pelatihan harus memberikan respon seperti dalam kejadian yang sebenarnya.
i.Self Study
Merupakan teknik yang menggunakan modul-modul tertulis dan kaset-kaset atau video tape rekaman dan para peserta hanya mempelajarinya sendiri.
j. Programmed Learning
yaitu diberikan beberapa pertanyaan-pertanyaan dan para peserta pelatihan harus memberikan jawaban yang benar.
k.Laboratory Training
Teknik ini adalah merupakan suatu bentuk latihan kelompok yang terutama digunakan untuk mengembangkan ketrampilan-ketrampilan antar pribadi.
Program Pengembangan Karyawan
•Pendidikan formal
•Penilaian
•Pengalaman Kerja
•Hubungan antar pribadi
Program pengembangan Karyawan
Pengembangan karyawan ditempuh dengan empat (4) jalur jalur pendekatan :
1. Pendidikan formal
Ini didesain secara spesifik untuk Karyawan yang menduduki posisi eksekutif perusahaan.
2. Penilaian
Pengumpulan informasi dan pemberianumpan balik yang berkenaan dengan prilaku, gaya komunikasi, dan keterampilan karyawan merupakan komponen penilaian.
3. Pengalaman Kerja
Pengembangan karyawan dilakukan dengan memperhatikan pengalaman kerja yang mengacu pada hubungan, problem, permintaan, tugas yang dihadapi oleh Karyawan dalam melaksanakan pekerjaan.
4. Hubungan Antar Pribadi
Karyawan dapat mengembangkan keterampilan dan pengetahuan mengenai perusahaan dan konsumen melalui berinteraksi dengan personel perusahaan yang senior dan lebih berpengalaman.
Penerapan Evaluasi Prestasi
•Pengembangan SDM
•Perencanaan karir dan pengembangan
•Program kompensasi
Evaluasi Prestasi
Evaluasi Prestasi : suatu sistem formal evaluasi dan peninjauan formal tentang prestasi kerja individu atau tim. Hasil evaluasi dijadikan dasar keputusan, mis: pengembangan , promosi, kenaikan gaji, pemberhentian dan rotasi.
Tujuan utama sistem evaluasi : Untuk meningkatkan prestasi. Evaluasi Prestasi dapat diterapkan dalam berbagai bidang tugas SDM :
(1) Pengembangan SDM,
(2) Perencanaan karir dan pengembangan,
(3) Program kompensasi,
(4) Hubungan internal perusahaan,
(5) Evaluasi potensi karyawan.
Kompensasi Karyawan
•Metode Pembayaran Kompensasi
•Kompensasi Eksekutif
Kompensasi
Kompensasi atau imbalan kerja , yang meliputi gaji dan tunjangan, berhubungan erat dengan evaluasi prestasi. Kompensasi dapat dibagi menjadi:
1. Metode Pembayaran Kompensasi Untuk karyawan pada umumnya didasarkan atas durasi waktu kerja, volume hasil atau produktivitas kerja, atau perpaduan antara waktu dan hasil kerja.
2. Kompensasi Eksekutif Kecakapan, keahlian, pengalaman dan keterampilan mereka membawa perusahaan kearah yang telah ditentukan, untuk itulah perlu adanya program kompensasi untuk mempertahankan manajer yang baik.
Jenis Kompensasi Eksekutif
•Gaji Pokok
•Bonus
•Insentif Jangka Panjang
•Tunjangan Eksekutif
•Penghasilan tambahan
Promosi, Rotasi, Demosi, Dan Pemutusan hubungan kerja
•Promosi
•Rotasi
•Demosi
•Pemutusan Hubungan kerja
Pengertian
a. Promosi
Peningkatan jenjang jabatan yang disertai wewenang , tanggung jawab , dan kompensasi finansial yang lebih besar.
b. Rotasi
Pengalihan tugas dalam sebuah perusahaan dari satu jabatan ke jabatan lain yang setara dengan tingkat gaji yang sama.
c. Demosi
Proses penurunan jenjang posisi dan pengurangan tanggung jawab bagi karyawan yang disertai pengurangan kompensasi.
d. Pemutusan Hubungan Kerja
Ini terjadi apabila seorang karyawan meninggalkan perusahaan, penyebabnya dapat dikarenakan pengunduran diri, penghentian, pemecatan, atau pensiun.
0 komentar: