Materi Grafika Komputer Pertemuan Ke-5


SISTEM KOORDINAT


 Ada dua macam sistem koordinat :
     Cartesian
     Polar
 Sistem Koordinat Polar menggunakan sudut terhadap garis horison (α) dan jarak dari titik pusat (R) untuk menunjukkan lokasi sebuah benda
 Sistem Koordinat Cartesian menggunakan pasangan (x,y) untuk menyatakan lokasi sebuah benda di bidang (2D) dan pasangan (x,y,z) untuk lokasi di ruang (3D).
 Sistem Koordinat juga dapat dibagi menjadi dua macam bergantung kepada situasi : 
    World Coordinate (wc) 
        Sistem Koordinate untuk menyatakan lokasi benda di “dunia” 
    Screen Coordinate (sc) 
        Sistem Koordinat untuk menyatakan lokasi titik di layar.

World Coordinate 
 World Coordinate mempunyai batas -~ sampai dengan +~ untuk sumbu x dan y 
 Apabila area yang dilihat pada world coordinat dibatasi pada area tertentu maka area tersebut dinamakan window.


Screen Coordinate 
 Screen Coordinate menggunakan orientasi sumbu y yang berbeda dengan World Coordinate. 
 Screen Coordinate hanya menggunakan nilai positif untuk sumbu x dan y dan titik (0,0) terletak di pojok kiri atas. 
 Batas maksimal pada sumbu x = Xmax dan batas maksimal pada sumbu y = Ymax
 Perbedaan orientasi tersebut menyebabkan gambar di World menjadi tampak terbalik di screen 
 Area yang digunakan untuk menampilkan gambar di layar disebut sebagai viewport.

Transformasi wc -> sc 
 Agar gambar di screen tampak sama dengan di world maka perlu dilakukan transformasi koordinat.
 Dengan demikian setiap titik di wc dapat diketahui lokasinya di sc sebagai : 
xsc = xwc 
ysc = ymax – ywc 
 Rumus (1) tidak dapat mengatasi persoalan : 
    Pemakaian window dan viewport. 
    Nilai negatif dari koordinat wc.


0 komentar:

Copyright © 2013 Sulhansubs