MATERI PEMROGRAMAN BERBASIS OBJEK PERTEMUAN KE-2


AKTIVITAS DASAR PEMRPGRAMAN JAVA


Mengenal Tipe Data
Java memiliki delapan tipe data primitive, meliputi 4 tipe untuk bilangan bulat, 2 tipe untuk bilangan pecahan dan sisanya untuk karakter dan Boolean.

Tipe
Panjang(bit)
Kategori
Boolean
8
=
Char
16
=
Byte
8

Short
16

Int
32
Intger
Long
64

Float
32
Floating-point
double
64



Tipe Bilangan Bulat (Integer)
Tipe
Ukuran
jangkauan
Byte
8 bit
-128 sampai 127
Short
16 bit
-32.768 sampai 32.767
int
32 bit
-2.147.483.648 sampai 2.147.483.647
long
64 bit
-9.223.372.036.854.775.808 sampai 9.223.372.036.854.775.807


Tipe Bilangan Pecahan (Floating Point)

Tipe data
Ukuran
jangkauan
Float
32 bit, presisi 6-7 digit
-3.4E38 s/d + 3.4E38
Double
64 bit, presisi 14-15 digit
-1.7E308 s/d 1.7E308


Data karakter (Char) 
Tipe data Character digunakan untuk mendefinisikan sebuah karakter yang merupakan simbol dalam karakter Set, seperti huruf dan angka. Keyword tipe data Character ini yaitu char, dengan ukuran 16 bit. 

Tipe Data Boolean 
Tipe data Boolean digunakan untuk menangani keadaan logika atau keadaan dengan dua kemungkinan nilai. Nilai yang dapat digunakan adalah true(benar) dan False(salah).

Variabel
Variabel adalah suatu tempat menampung data atau konstanta dimemori yang mempunyai nilai atau data yang dapat berubah-ubah selama proses program. Atau bisa juga di jelaskan Variabel menyatakan suatu lokasi di dalam memori computer yang digunakan untuk menyimpan suatu nilai dan nilai yang ada di dalamnya bisa diubah

• Dalam pemberian nama variabel, mempunyai ketentuan-ketentuan antara lain Tidak boleh ada sepasi ( cth : gaji bersih ) dan dapat menggunakan tanda garis bawah ( _ ) sebagai penghubung (cth : gaji_bersih). Tidak boleh diawali oleh angka dan menggunakan operator aritmatika. Pembacaan variable dalam pemrograman java bersifat case sensitive.

Konstanta
Konstanta merupakan variabel yang tidak dapat diubah lagi nilainya. Di Java pembuatan konstanta dapat menggunakan kata kunci final pada awal deklarasi variabel. 

Contoh : final int nilaiAkhir = 100;

Membuat Komentar
Pada bahasa pemrograman manapun komentar program biasa digunakan untuk memberikan penjelasan baris atau blok program suapaya pembaca program atau programer lainnya supaya bisa mengerti bagian-bagian program tersebut. Ada 3 (tiga) cara memberikan komentar program pada Java, yaitu : 
a. End Of Line Comment ( // ) 
b. Multiple Line Comment ( /* */) 
c. Javadoc Comment ( /** */)

Kode program contoh penggunaan Variabel, Konstanta dan Komentar
Setelah diJalankan berikut tampilan Output


0 komentar:

Copyright © 2013 Sulhansubs